Senin, 11 Mei 2015
Pada pembahasan freeware (Software gratis) pertama ini akan membahas software dari Piriform untuk membantu komputer anda tetap dalam keadaan maksimal yaitu Ccleaner. Ccleaner sendiri terbagi menjadi 3 untuk PC yaitu: Ccleaner Free, Ccleaner Profesional dan Ccleaner Profesional Plus. Untuk Ccleaner Profesional dan Ccleaner Profesional Plus anda diharuskan membayar untuk menggunakan produk tersebut. Perbedaan untuk ketiga versi ini yaitu:

Karena hanya akan membahas freeware, maka yang akan dibahas adalah Ccleaner Free. Walupun versi free tetapi versi ini sudah cukup untuk memberikan perawatan untuk komputer anda.
Ini adalah tampilan dari Ccleaner Free. Pada pembahasan ini menggunakan Ccleaner v5.05.5176.
Ccleaner versi 5 ini sudah menggunakan tampilan Modern UI pada windows 8. Pada bagian atas terdapat keterangan sistem komputer yang kita gunakan. Terdapat menu dari Ccleaner diantaranya : Cleaner, Registry, Tools dan Options. Untuk mengupdate software tidak secara otomatis pada versi Free ini. Untuk mengupdate cukup klik Check for update, maka anda akan diarahkan ke situs download versi terbaru Ccleaner.
Menu Cleaner berguna untuk membersihkan komputer anda dari junk file (file sampah) yang tidak lagi digunakan oleh komputer anda baik berasal dari sistem windows sendiri ataupun dari software browser dan software yang terinstall di komputer anda yang terus menumpuk sehingga memberatkan kinerja komputer anda sehingga komputer anda tidak terbebani oleh file yang sudah tidak terpakai.
Berbagai direktori dan software yang dibersihkan oleh Ccleaner

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu klik Analyze untuk menganalisa berapa banyak junk file di komputer anda. Kemudian klik Run Cleaner untuk membersihkan junk file Atau anda bisa lansung klik Run Cleaner untuk menganalisa sekaligus membersihkan komputer anda.
Hasil analisa file yang akan dibersihkan oleh Ccleaner

Menu Registry berfungsi untuk membersihkan registry dari key-key registry yang sudah tidak dipakai lagi. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu Klik Scan for Issues untuk mencari key-key registry yang tidak terpakai lagi.
Tampilan Menu Registry

Saat sudah selesai Scan for Issues maka Ccleaner akan menampilkan hasil scannya.
Hasil scan for Issues

Untuk membersihkan registry klik Fix selected issues.. maka akan ada pertanyaan apakah anda ingin membackup registry sebelum pembersihan atau tidak. Jika anda ingin membackup maka anda akan menyimpan registry sebelum anda membersihkannya. Jika memilih tidak maka akan muncul pilihan untuk membersihkan registry.
Tampilan pertanyaan untuk backup registry

Tampilan untuk membersihkan registry

Jika anda ingin membersihkan secara manual satu persatu registry pilih Fix Issues. Jika ingin membersihkan semuanya sekaligus pilih Fix All Selected Issues.
Menu Tools berisi fitur tambahan dari Ccleaner. Disini disediakan Fitur Uninstall seperti pada program bawaan windows yaitu pilih program kemudian pilih apakah ingin diUninstall / Repair / Rename / Delete. Cara penggunaannya tidak berbeda jauh namun tampilan yang lebih rapi menjadi nilai plus dari Ccleaner.
Tampilan Fitur Uninstall Ccleaner

Selain Uninstall ada fitur Startup untuk mengatur Startup dengan mudah dalam satu software tanpa harus mengatur di System Configuration Windows. Fitur kedua yaitu Startup berguna untuk mengatur software apa saja yang akan dijalankan pada saat startup windows. Fitur ini bisa anda manfaatkan untuk mempercepat startup windows anda karena semakin sedikit program yang dijalankan pada saat startup semakin cepat startup windows anda. Tapi anda harus berhati-hati jangan sampai ada startup penting windows yang anda disable cukup program instalan yang anda ketahui fungsinya saja.  Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu cukup memilih program yang anda ingin Disable / Enable lalu klik Enable / Disable bahkan men-Deletenya.
Tampilan Fitur Startup Ccleaner

Fitur lainnya yaitu Disk Analyzer yaitu fitur untuk menganalisa file tipe apa yang banyak mengisi hardisk anda.
Tampilan Disk Analyzer

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu pilih tipe file yang anda ingin lihat di Categories lalu pilih partisi mana saja yang akan dianalisa. Kemudian klik Analyze.
Hasil Analyze oleh Disk Analyzer

Fitur lainnya yang cukup bermanfaat yaitu Duplicate Finder untuk mencari file yang sama agar tidak memenuhi hardisk anda tetapi anda harus berhati-hati untuk menghapus file yang sama agar tidak menghapus file sistem komputer anda. Jadi pastikan anda benar-benar mengerti fungsi dari file yang anda ingin hapus sebelum menghapusnya.
Tampilan Duplicate Finder

Cara penggunaan Duplicate Finder yaitu pilih pencarian kecocokan file anda di Match by berdasarkan Nama / Ukuran / tanggal / Isi (Content). Lalu pilih pengabaian (Ignore) dalam pencarian file duplicate. Klik Search untuk mencari file yang ganda dalam hardisk anda.
Hasil Pencarian dari Duplicate Finder

Duplicate Finder akan menampilkan hasil pencarian. Anda bisa memilih file yang akan anda delete dengan mengklik filenya sampai ada tanda centang di kotak file tersebut. Jika ingin menghapus klik Delete Selected.
Selain Fitur Sebelumnya ada juga fitur System Restore untuk mengelola System Restore tanpa harus susah susah mencari di komputer. Penggunaannya juga sama dengan penggunaan System Restore bawaan windows.
Tampilan System Restore Ccleaner

Fitur terakhir Ccleaner yaitu Drive Wiper yaitu untuk menghapus data-data di Hardisk anda.

Tampilan Drive Wiper

Cara penggunaannya yaitu pilih metode penghapusan di pilihan Wipe lalu pilih tingkat keamanan penghapusan di Security kemudian pilih partisi mana yang akan anda bersihkan. Klik Wipe untuk memulai.
Menu terakhir yaitu Options untuk mengatur Ccleaner lebih lanjut. Jika anda ingin mengatur Ccleaner ini sesuai keinginan anda disinilah tempatnya.
Tampilan Options

Itulah Review tentang Ccleaner. Secara keseluruhan software ini cukup mudah digunakan. Selain itu Ccleaner juga cukup ringan berjalan sehingga tidak memberatkan sistem Windows. Ccleaner bisa menjadi pilihan anda untuk merawat komputer dari junk file dan berbagai macam fitur tambahan didalamnya bisa menjadikan nilai tambahnya sebagai software gratis. Jika anda tertarik ingin mencoba Ccleaner anda bisa download disini

0 komentar:

Posting Komentar