Jumat, 08 Mei 2015
Task Scheduler adalah program bawaan windows yang berfungsi menjalankan program/pesan tertentu secara terjadwal, misalnya pada saat startup ataupun saat sedang bekerja. Pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah cara membuat popup message atau memunculkan pesan secara terjadwal pada waktu tertetu. Popup message yang akan dipakai menggunkan script yang bisa anda download disini serta bisa diedit sesuai keinginan anda. Popup akan kita jadwal seminggu sekali. Berikut caranya:

1. Klik Start, kemudian ketikan Task Scheduler kemudian tekan enter.
2. Maka akan terbuka Task Scheduler. Kemudian klik Task Scheduler Library. Lalu klik Create Task... di menu sebelah kanan.
3. Akan muncul Create task. Pada tab general isi Name dengan nama Task sesuai keinginan anda.
4. Jika sudah menamai task. Maka klik tab Trigger dan klik New. Pada langkah ini anda mengatur kapan pesan akan ditampilkan.
5. Atur kapan waktu yang diinginkan untuk memulai task pada begin the task. Anda bisa memilih waktu dimulai disini apakah saat logon atau saat startup atau sesuai jadwal. Karena akan mengatur sesuai jadwal maka pilih on a schedule. Pada bagian Setting pilih kapan akan berulang. Apakah tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan. Karena perminggu pilih Weekly. Kemudian atur waktunya. Jika sudah klik OK.
6. Pindah ke tab Action. Kemudian klik New
7. Akan muncul New Action. Pada pilihan Action: pilih Start a program karena akan menjalankan script. Pada Settings pilih Browse... untuk mencari tempat script yang akan dijalankan nanti.
8. Pilih script yang akan dijalankan kemudian klik Open.
9. Kemudian klik OK untuk menyelesaikan New Action.
10. Selanjutnya klik tab Condition untuk mengatur kondisi untuk mulai menjalankan script. Hapus tanda centang pada Start the task only if the computer is idle karena jika opsi ini dicentang maka program hanya akan berjalan saat komputer tidak digunakan.
11. Terakhir, klik tab Setting. Pilih Allow task to be run on demand. Pilih stop the task if it runs longer than dan ganti menjadi 2 hours agar script tertutup otomatis jika sudah berjalan 2 jam. Pilih juga if the task is not end when requested, force it to stop. Klik OK untuk menyelesaikan pengaturan Task Manager.

0 komentar:

Posting Komentar