Senin, 16 Maret 2015

Sharing Printer bertujuan agar sebuah printer dapat digunakan oleh lebih dari satu komputer. Setiap sistem operasi yang berbeda, langkah-langkah sharing printer akan berbeda atau sedikit berbeda. Ada beberapa syarat yang harus terlebih dahulu dipenuhi untuk melakukan share printer seperti pada umumnya yaitu :
1. Semua komputer sudah terkoneksi dalam satu jaringan  baik LAN kabel atau WiFi LAN
2. Semua komputer harus memiliki Workgroup yang sama
3. Ada satu komputer yang digunakan sebagai Server yang terhubung langsung dengan printer yang di share.

Komputer Server harus dihidupkan setiap komputer lain (Client) akan menggunakan printer. Pastikan driver printer sudah terinstall dengan baik pada komputer Server.
Untuk Mengatur Printer Sharing caranya sebagai berikut :



Pengaturan Pada Komputer Server

1. Masuk ke dalam jaringan LAN yang diinginkan. Setelah tersambung, klik icon jaringan di tray icon, kemudian klik Open Network and Sharing Center
2. Setelah Masuk ke Network and Sharing Center, klik pada jaringan yang tersambung.
3. Kemudian klik Details untuk melihat informasi jaringan yang terhubung.
4. Catat IP Subnet mask, Gateway dan DNS Server untuk dimasukkan ke pengaturan IP selanjutnya. Lalu klik Close
5. Klik Properties untuk konfigurasi IP Server
6. Kemudian double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)
7. Pilih Use the following IP address lalu isi dengan IP terserah anda pada kolom angka terakhir. Contohnya IP Gateway yang tadi dicatat adalah 192.168.1.1 maka angka 1 terakhir bisa diganti dengan angka apa saja selain 1 karena 1 sudah dipakai oleh server penyedia internet. Pada tutorial ini memakai angka 45 sehingga IP address untuk server printer ini menjadi 192.168.1.45. Lalu isi subnet mask  dengan IP yang tadi sudah dicatat, tetapi biasanya subnet mask akan terisi sendiri setelah selesai mengisi IP address. Isi Default gateway dengan IP yang tadi dicatat. Jika sudah klik Use the following DNS server addresses. Lalu isi dengan IP DNS yang sudah dicatat. Jika sudah maka klik OK.
8. Setelah selesai mengatur IP Server maka selanjutnya mengatur sharing setting. Kembali ke Network and Sharing Center lalu klik Change advanced sharing settings.
9. Klik pada Public lalu setting seperti gambar. Kemudian klik Save Changes.
10. Hubungkan Printer ke komputer yang akan di jadikan server. Instal Driver printer jika baru pertama kali agar printer dapat bekerja dengan baik. Kemudian Klik Start lalu pilih Devices and Printer.
11. Klik kanan pada printer yang ingin diSharing lalu klik Printer Properties.
12. Pada tab Sharing klik Share this printer lalu isi Share name dengan nama printer yang akan di sharing. Lalu klik OK.


Pengaturan Pada Komputer Client

1. Masuk ke dalam jaringan LAN yang sama dengan jaringan LAN komputer server. Jika sudah Klik Start lalu pilih Devices and Printer.
2. Setelah masuk Devices and Printer klik Add Printer
3. Pilih Add a network, wireless or Bluetooth printer.
4. Kemudian pilih printer yang tadi di sharing. Lalu klik Next
5. Beri nama printer yang baru ditambahkan lalu klik next
6. Setelah itu klik Finish.
7. Setelah menambah printer ke komputer client, masuk kedalam jaringan LAN server dengan cara tekan logo windows+R maka akan terbuka Run. Masukkan IP Address server printer. Contoh disini yaitu ketik \\192.168.1.45
8. Maka anda akan masuk ke file sharing pada komputer server. Pilih printer yang di sharing lalu klik kanan kemudian klik Connect

Jika sudah, printer siap digunakan oleh client


0 komentar:

Posting Komentar