Kamis, 16 April 2015

Power plans atau power options dapat dimanfaatkan untuk mengatur peforma dan melakukan pengaturan energi yang dibutuhkan windows. Pada dasarnya ada 3 pilihan power option yaitu Power Saving, Balanced dan High Peformance. Windows 7 merekomendasikan penggunaan power plans Balanced untuk menghasilkan keseimbangan antara peforma dan penggunaan energi. Power saving berguna untuk menggunakan energi sekecil mungkin, namun akibatnya peforma windows akan menurun. Mode Power Saving berguna jika anda hanya menggunakan laptop atau komputer anda hanya untuk melakukan pekerjaan ringan seperti mengetik, mendengarkan lagu, berinternet dll. Mode High Peformance digunakan untuk menggunakan peforma komputer secara maksimal seperti desain, bermain game dll.


Jika anda menggunakan laptop dan kebetulan sedang bepergian dan sulit menemukan tempat untuk melakukan isi ulang baterai laptop kemudian anda ingat ada hal mendesak yang perlu anda kerjakan anda bisa mengunakan mode power saver untuk menambah lama waktu laptop anda dapat bertahan hidup. Jika anda menggunakan mode ini bisa menambah daya hidup sekitar 5-10%. Memang tidak terlalu signifikan untuk menambah waktu laptop dapat menyala,  tetapi sudah cukup lumayan untuk menambah tugas yang dapat anda selesaikan.

Berikut cara untuk mengubah pengaturan power plan komputer / laptop anda:
1. Klik logo baterai pada tray icon kemudian pilih more power option
2. Pilih power saver

Sebenarnya cara diatas sudah cukup untuk menghemat daya baterai tetapi jika anda ingin menghemat lebih banyak daya, anda bisa ikuti cara lebih lanjut:

1. Setelah memilih power saver pilih change plan settings
2. Kemudian turunkan (geser ke kiri) brightness  (kecerahan layar) sesuai kenyaamanan mata anda. Ganti juga pengaturan yang lainnya sesuai keinginan anda. Kemudian klik save.


0 komentar:

Posting Komentar